Sejarah Vespa Piaggio Klasik
Tentunya kamu tahu Piaggio, sebuah perusahaan yang memproduksi motor Vespa asli Italia. Didirikan pada taun 1884 oleh Rinaldi Piaggio di Genoa. Awalnya pabrik Piaggio hanya memproduksi kapal pesiar mewah. Namun, seiring berjalannya waktu, Piaggio juga menghasilkan lokomotif dan gerbong kereta api, trem, Van, mobil dan truk Karoseri. Perang Dunia I pada saat itu juga berpengaruh pada pengembangan Piaggio yang memproduksi pesawat.
Pada tahun 1917 pabrik Piaggio Pontedera di Pisa dan menjadi pusat
produksi pesawat (baling-baling, Mesin danpesawat) sampai setelah
Perang Dunia II kelahiran produk otomotif fenomenal yaitu Vespa. Perang
Dunia II ekonomi Italia dibuat sangat merosot. Juga memaksa
Piaggio.Bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa dibom oleh
pasukan sekutu.Meskipun pabrik ini hancur dibom, perusahaan tidak
berhenti pada waktu. Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya
melanjutkan jalannya perusahaan. Enrico Piaggio memutuskan untuk
menghentikan produksi pesawat dan beralih menghasilkan peralatan
transportasi yang dibutuhkan oleh orang-orang di Italia dengan harga
terjangkau.
Enrico Piaggio telah mempekerjakan pembuat pesawat, ahli insinyur
CorradinoD’Ascanio untuk membuat desain dari kendaraan bermotor. Sampai
akhirnya menciptakan sebuah prototipe Vespa bernama MP5 atau lebih
dikenal oleh orang-orang Italia sebagai Paperino (Donald Duck) karena
bentuknya seperti bebek. Namun, vespa model MP% tidak disukai
EnricoPiaggio sehingga meminta Corradino D’Ascano untukmengubah desain
model vespa MP5.
![]() |
MP5 (wikipedia) |
Corradino D’Ascanio tidak suka desain model General Motors karena
membuat pakaian kotor saat mengemudi terutama celana yang terkena rantai
motor. Oleh karena itu, ia membuat modifikasi desain motor kendaraan
yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat motor tanpa
rantai dan memiliki penutup pelindung di bagian depan motor.
Selain itu, ia juga menempatkan perpindahan gigi dibagian stang
(stang) dan membuat roda depan mirip pesawat dengan satu garpu tunggal
yang mudah diganti. Desain model vespa bernama MP6 dan
CorradinoD’Ascanio dengan menyebutnya Vespa (dalam Italia berarti
lebah). Ini adalah modeldesain yang akhirnya menjadi model vespa
berikutnya.
Sejarah Masuknya Vespa ke Indonesia
Apakah Anda tahu Vespa di Indonesia sejak tahun 1960-an. Dulu hanya PT Danmotors Indonesia Vespa sebagai importir Vespa. Dapat dikatakan bahwa harga Vespa waktu itu setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Sejak itu Vespa menjadi kendaraan yang paling populer dari kendaraan bermotor oleh masyarakat. Namun, masukknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya membuat Vespa terpinggirkan.![]() |
Vespa Kongo |
Salah satu Vespa paling langka di Indonesia yaitu Kongo Vespa Vespa
adalah hadiah dari pasukan Inggris untuk pasukan perdamaian Garuda
INDONESIA yang bertugas di Kongo. Perbedaan di Kongo ini dengan Vespa
Vespa adalah pelat baja lebih kuat. Halini tidak buatan Italy Kongo
Vespa tapi buatan Jerman.
Pada awal penciptaan Vespa memiliki kapasitas mesin 98 cc dan
kecepatan hanyasekitar 65-75 km/h. Seiring waktu, terus berkembang
hingga Vespa 1955 dihasilkanVespa pertama berkapasitas 150 cc mesin dan
memiliki kecepatan untuk 100/km adalah Vespa 150 GS.
![]() |
150 gs |
Model Vespa tidak berubah banyak sejak ia diciptakan pertama, hanya
pada tata lampunya adalah satu-satunya yang berubah yang awalnya
terletak di spakbor rodadepan menjadi di stang Vespa. Vespa model yang
merupakan pilihan paling populer adalah Vespa Sprint, Vespa PX dan VEspa
Primavera. Pada tahun 1984, Piaggio Vespaproduk dikeluarkan Matic
pertama (transmisi otomatis) yang disebut Vespa PK 50S otomatis.
Vespa 4 tak yang pertama dibuat adalah Vespa ET 125cc di 1996
bertepatan dengan ulang tahun Vespa ke-50. Memasuki Milenium, Piaggio
Vespa produk yang memenuhi standar emisi 0545848Vespa ET, Vespa GT, GTS,
Vespa Vespa PX 125, Vespa LX 150, Vespa Sprint 125 danVespa Primavera.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar