Rabu, 08 Februari 2017

Sejarah Vespa dan Masuknya Vespa ke Indonesia dari Masa ke Masa

Sejarah Vespa Piaggio Klasik


Tentunya kamu tahu Piaggio, sebuah perusahaan yang memproduksi motor Vespa asli Italia. Didirikan pada taun 1884 oleh Rinaldi Piaggio di Genoa. Awalnya pabrik Piaggio hanya memproduksi kapal pesiar mewah. Namun, seiring berjalannya waktu, Piaggio juga menghasilkan lokomotif dan gerbong kereta api, trem, Van, mobil dan truk Karoseri. Perang Dunia I pada saat itu juga berpengaruh pada pengembangan Piaggio yang memproduksi pesawat.
Pada tahun 1917 pabrik  Piaggio Pontedera di Pisa dan menjadi pusat produksi pesawat (baling-baling, Mesin danpesawat) sampai setelah Perang Dunia II kelahiran produk otomotif fenomenal yaitu Vespa. Perang Dunia II ekonomi Italia dibuat sangat merosot. Juga memaksa Piaggio.Bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa dibom oleh pasukan sekutu.Meskipun pabrik ini hancur dibom, perusahaan tidak berhenti pada waktu. Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya melanjutkan jalannya perusahaan. Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat dan beralih menghasilkan peralatan transportasi yang dibutuhkan oleh orang-orang di Italia dengan harga terjangkau.
Enrico Piaggio telah mempekerjakan pembuat pesawat, ahli insinyur CorradinoD’Ascanio untuk membuat desain dari kendaraan bermotor. Sampai akhirnya menciptakan sebuah prototipe Vespa bernama MP5 atau lebih dikenal oleh orang-orang Italia sebagai Paperino (Donald Duck) karena bentuknya seperti bebek. Namun, vespa model MP% tidak disukai EnricoPiaggio sehingga meminta Corradino D’Ascano untukmengubah desain model vespa MP5.
MP5 (wikipedia)
Corradino D’Ascanio  tidak suka desain model General Motors karena membuat pakaian kotor saat mengemudi terutama celana yang terkena rantai motor. Oleh karena itu, ia membuat modifikasi desain motor kendaraan yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat motor tanpa rantai dan memiliki penutup pelindung di bagian depan motor.
Selain itu, ia juga menempatkan perpindahan gigi dibagian stang (stang) dan membuat roda depan mirip pesawat dengan satu garpu tunggal yang mudah diganti. Desain model vespa bernama MP6 dan CorradinoD’Ascanio dengan menyebutnya Vespa (dalam Italia berarti lebah). Ini adalah modeldesain yang akhirnya menjadi model vespa berikutnya.

Sejarah Masuknya Vespa ke Indonesia

Apakah Anda tahu Vespa di Indonesia sejak tahun 1960-an. Dulu  hanya PT Danmotors Indonesia Vespa sebagai importir Vespa. Dapat dikatakan bahwa harga Vespa waktu itu setara dengan harga sebuah rumah  tipe sederhana. Sejak itu Vespa menjadi kendaraan yang paling populer dari kendaraan bermotor oleh masyarakat. Namun, masukknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya membuat Vespa terpinggirkan.
Vespa Kongo, Sejarah Vespa Indonesia
Vespa Kongo
Salah satu Vespa paling langka di Indonesia yaitu Kongo Vespa Vespa adalah hadiah dari pasukan Inggris untuk pasukan perdamaian Garuda INDONESIA yang bertugas di Kongo. Perbedaan di Kongo ini dengan Vespa Vespa adalah pelat baja lebih kuat. Halini tidak buatan Italy Kongo Vespa tapi buatan Jerman.
Pada awal penciptaan Vespa memiliki kapasitas mesin 98 cc dan kecepatan hanyasekitar 65-75 km/h. Seiring waktu, terus berkembang hingga Vespa 1955 dihasilkanVespa pertama berkapasitas 150 cc mesin dan memiliki kecepatan untuk 100/km adalah Vespa 150 GS.
150 gs
Model Vespa tidak berubah banyak sejak ia diciptakan pertama, hanya pada tata lampunya adalah satu-satunya yang berubah yang awalnya terletak di spakbor rodadepan menjadi di stang Vespa. Vespa model yang merupakan pilihan paling populer adalah Vespa Sprint, Vespa PX dan VEspa Primavera. Pada tahun 1984, Piaggio Vespaproduk dikeluarkan Matic pertama (transmisi otomatis) yang disebut Vespa PK 50S otomatis.
sejarah vespa piaggio di indonesia
Vespa 4 tak yang pertama dibuat adalah Vespa ET 125cc di 1996 bertepatan dengan ulang tahun Vespa ke-50. Memasuki Milenium, Piaggio Vespa produk yang memenuhi standar emisi 0545848Vespa ET, Vespa GT, GTS, Vespa Vespa PX 125, Vespa LX 150, Vespa Sprint 125 danVespa Primavera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar